Kamis, 14 Mei 2009

Doa Raja Istighfar

Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Lagi belajar bikin blog neh, postingan pertama saya coba dengan mengutip sebuah doa yang pernah diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dalam mushaf haditsnya (Bab doa).

Dalam matan (isi) hadits tersebut, disebutkan bahwa doa ini adalah rajanya istighfar. pengertian istighfar sendiri insya Alloh kita semua sudah mafhum, yaitu minta ampun. Minta ampun kepada Alloh Yang Maha Pengampun (Al Ghoffar) atas segala dosa dan kesalahan, baik yang sengaja maupun yang tidak disengaja. Nah doa dibawah ini adalah rajanya istighfar, maksudnya kalimat istighfar yang paling pol.

Lihat saja keutamaan dari doa ini, apabila seorang mukmin membacanya pada sore hari, kemudian sebelum datang pagi dia sudah kedahuluan qodar (meninggal), maka dia wajib untuk masuk surga. Begitu juga sebaliknya jika dia membacanya pagi hari. Pengertian ini juga terdapat dalam matan hadits yang sama. Luar biasa maha pengampunnya Alloh. Kita, manusia yang notabene penuh dengan dosa dan kesalahan, selalu diberi kesempatan oleh Alloh untuk membersihkan dosa-dosa kita setiap pagi dan sore, jika mau mengamalkan doa ini.

Bunyi doanya Insya Alloh seperti ini :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِى وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ إِلَيْكَ بِنْعِمَتِكَ عَلَىَّ وَاَعْتَرِفُ بِذُنُوْبِى فَاغْفِرْلِى ذُنُوْبِى إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ (رواه الترمذى كتاب الدعوات)

Ya Alloh, Engkau adalah Tuhanku. Tiada Tuhan selain Engkau. Engkau telah menciptakan aku, dan aku adalah hamba-Mu, dan aku menetapi janji-Mu, yakin dengan janji-Mu, apa-apa yang aku mampu. Aku berlindung pada-Mu dari sejelek-jeleknya perbuatanku, dan aku kembali (taubat) kepada-Mu sebab nikmat-Mu atasku. Dan aku mengakui dosa-dosaku, sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosaku selain Engkau

(HR. Tirmidzi Kitabu Da'wat)


Jakarta, 15 Mei 2009

setetes ilmu dari luasnya samudera ilmu Alloh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar