Senin, 18 Mei 2009

Catatan Mengenai Meringkas (Meng-Qoshor) Sholat

Firman Alloh yang Maha Luhur : ”dan ketika kalian bepergian di muka bumi, maka tidak dosa bagi kalian untuk meringkas sholat. Jika kalian khawatir bahwa orang-orang kafir akan merusak kalian. Sesungguhnya orang-orang kafir bagi kalian adalah musuh yang jelas” (QS Annisa ayat 101)

• عَنْ يَعْلَى بْنِ أُمَيَّةَ قَالَ قُلْتُ لِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلاَةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوا فَقَدْ أَمِنَ النَّاسُ فَقَالَ عُمَرُ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ عَجِبْتُ مِمَّا عَجِبْتَ مِنْهُ فَسَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ صَدَقَةٌ تَصَدَّقَ اللهُ بِهَا عَلَيْكُمْ فَاقْبَلُوْا صَدَقَتَهُ * رواه النسائى
Dari Ya’la Bin Umayyah, dia berkata : aku berkata kepada Umar Bin Khottob Laisa ’Alaikum Junahun An Taqo’shuruu Minas Sholaati In Khiftum Ay Yaftinakumul Ladziina Kafaru … , padahal saat ini manusia sungguh telah aman. Maka Umar Radhiyallohu Anhu berkata : Aku heran dari apa-apa yang engkau herankan, maka aku bertanya kepada Rasululloh SAW tentang demikian itu ayat. Maka Rasululloh SAW bersabda : (Meng-qoshor sholat itu) shodaqoh, yang mana Alloh shodaqoh atas kalian. Maka terimalah shodaqohnya Alloh. (HR. Nasa’i)

• عَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهَا قَالَتِ الصَّلاَةُ أَوَّلُ مَا فُرِضَتْ رَكْعَتَيْنِ فَأُقِرَّتْ صَلاَةُ السَّفَرِ وَأُتِمَّتْ صَلاَةُ الْحَضَرِ قَالَ الزُّهْرِىُّ فَقُلْتُ لِعُرْوَةَ مَا بَالُ عَائِشَةَ تُتِمُّ قَالَ تَأَوَّلَتْ مَا تَأَوَّلَ عُثْمَانُ * (رواه البخارى كتاب التقصير)
Dari Aisyah Radhiyallohu Anhaa, dia berkata : Adapun sholat, pertama kali diwajibkannya dua rakaat. Maka sholat dalam bepergian ditetapkan (dua rakaat), dan sholat di rumah (tidak dalam kondisi bepergian) disempurnakan (empat rakaat).
Zuhriyy Berkata : maka aku berkata kepada Urwah, apa yang dimaksud Aisyah dengan menyempurnakan? Urwah berkata : Aisyah mengartikan seperti halnya Utsman mengartikan (menyempurnakan menjadi 4 rakaat). (HR. Bukhori Kitabut Taqshir)

بَابٌ فِى كَمْ يَقْصُرُ الصَّلاَةَ وَسَمَّى النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم يَوْمًا وَلَيْلَةً سَفَرًا وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ وَابْنُ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمْ يَقْْصُرَانِ وَيُفْطِرَانِ فِى أَرْبَعَةِ بُرُدٍ وَهِىَ سِتَّةَ عَشَرَ فَرْسَخًا
Babnya didalam berapakah (jarak) sesorang meng-qoshor pada sholat. Dan Nabi SAW menyebutkan perjalanan satu hari satu malam itu adalah bepergian. Dan Ibnu Umar dan Ibnu Abbas Radhiyallohu Anhum, meringkas dan berbuka puasa ketika melakukan perjalanan sejauh 4 burud, dan yang dimaksud 4 burud itu adalah 16 pos.

Catatan :
1 Burud = 4 Pos
1 Pos = 3 Mil
1 Mil = 1,5 Km

Berarti jarak 4 Burud = 16 Pos = 48 Mil = 72 Km (Ibnu Umar dan Ibnu Abbas sudah meng qoshor sholat ketika menempuh perjalanan sejauh 72 Km)

• عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ لاَ تُسَافِرِ الْمَرْأَةُ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ إِلاَّ مَعَ ذِى مَحْرَمٍ * (رواه البخارى كتاب التقصير)
Dari Ibni Umar Radhiyallohu Anhumaa, sesungguhnya Nabi SAW bersabda : Tidak boleh seorang wanita itu bepergian selama tiga hari, kecuali bersama orang yang mempunyai mahrom. (HR. Bukhori Kitabut Taqo’shir)

• عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم لاَيَحِلُّ لاِمْرَأَةٍ تُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ أَنْ تُسَافِرَ مَسِيْرَةَ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ لَيْسَ مَعَهَا حُرْمَةٌ * (رواه البخارى كتاب التقصير)

Dari Abi Huraeroh Radhiyallohu Anhu, dia berkata : Nabi SAW bersabda : Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Alloh dan hari akhir untuk bepergian pada perjalanan satu hari satu malam, yang mana tidak ada bersamanya mahromnya. (HR. Bukhori Kitabut Taqo’shir)

Dari hadits-hadits di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa lamanya perjalanan yang ditempuh seseorang, sehingga dia dapat dihukumi musafir adalah 3 hari atau 1 hari 1 malam. Ini jika perjalanan ditempuh dengan kendaraan yang ada pada waktu itu (unta).
Jika dikonversikan ke dalam jarak, adalah kurang lebih 90 Km.

بَابٌ يَقْصُرُ إِذَا خَرَجَ مِنْ مَوْضِعِهِ وَخَرَجَ عَلِىٌّ عَلَيهِ السَّلاَمُ فَقَصَرَ وَهُوَ يَرَى الْبُيُوْتَ فَلَمَّا رَجَعَ قِيْلَ لَهُ هَذِهِ الْكُوْفَةُ قَالَ لاَ حَتَّى نَدْخُلَهَا

Bab, seseorang meng-qoshor jika keluar dari tempatnya. Dan Ali ‘Alaihis Salaam keluar, maka beliau meng-qoshor. Sedangkan beliau melihat pada rumah. Maka ketika Ali kembali (pulang), diserukan kepadanya “ini kufah”, Ali berkata : tidak, sehingga kita masuk ke dalam daerah Kufah

• عَنْ أَنَسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ صَلَّيْتُ الظُّهْرَ مَعَ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم بِالْمَدِيْنَةِ أَرْبَعًا وَبِذِى الْحُلَيْفَةِ رَكْعَتَيْنِ * (رواه البخارى كتاب التقصير)

Dari Anas Radhiyallohu Anhu, dia berkata : Aku sholat dzhuhur bersama Nabi SAW di Madinah empat rakaat, dan di Dzil Hulaifah dua rakaat (HR. Bukhori Kitabut Taqo’shir).

Menurut penyaksian Anas Bin Malik dalam hadits di atas, Nabi Muhammad SAW sholat dzhuhur di Madinah 4 rakaat. Lalu dalam perjalanan menuju Makkah, Nabi sholat Ashar 2 rakaat di Dzil Hulaifah (kurang lebih 6 Km dari Madinah).

Hal ini berarti jika kita dalam perjalanan yang sekiranya 90 Km keatas, jika telah menempuh kurang lebih 6 Km, maka sudah diperbolehkan untuk meng qoshor sholat.
Sementara praktek dari Shahabat Ali Bin Abi Thalib Ra adalah ketika mulai berangkat perjalanan, sementara desa asalnya masih terlihat, Ali sudah mulai meng qoshor. Sementara pada saat pulang dari perjalanan, desa asalnya (Kufah) sudah terlihat tetapi belum masuk ke dalam desa tersebut, maka sholatnya masih di qoshor.

بَابُ مَا جَاءَ فِى التَّقْصِيْرِ وَكَمْ يُقِيْمُ حَتَّى يَقْصُرَ
Babnya Apa-apa yang datang, mengenai meng-qoshor. Dan berapa lama sesorang menetap di suatu daerah sehingga dia boleh Qoshor

• عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ أَقَامَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم تِسْعَةَ عَشَرَ يَقْصُرُ فَنَحْنُ إِذَا سَافَرْنَا تِسْعَةَ عَشَرَ قَصَرْنَا وَإِنْ زِدْنَا أَتْمَمْنَا * رواه البخارى كتاب التقصير

Dari Ibni Abbas Radhiyallahu Anhuma, dia berkata : Nabi SAW menetap selama 19 hari, beliau meng-qoshor (pada sholat). Maka kami (para shahabat) ketika bepergian selama 19 hari (menetap di suatu daerah), maka kami meng-qoshor. Dan jika kami menambah (dari 19 hari), maka kami menyempurnakan (sholat-tidak qoshor) (HR. Bukhori Kitabut Taqo’shir)

• قَالَ سَمِعْتُ أَنَسًا يَقُوْلُ خَرَجْنَا مَعَ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم مِنَ الْمَدِيْنَةِ إِلَى مَكَّةَ فَكَانَ يُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ حَتَّى رَجَعْنَا إِلَى الْمَدِيْنَةِ قُلْتُ أَقَمْتُمْ بِمَكَّةَ شَيْئًا قَالَ أَقَمْنَا بِهَا عَشْرًا * (رواه البخارى كتاب التقصير)

Aku mendengar pada Anas, dia berkata : kami keluar bersama Nabi SAW dari Madinah menuju Mekkah. Maka Nabi shalat 2 rakaat, 2 rakaat (qoshor), sehingga kami kembali menuju Madinah. Aku berkata : apakah kalian menetap di Makkah? Anas berkata : Kami menetap di Makkah selama 10 hari. (HR Bukhori Kitabut Taqo’shir)

Dalam hadits-hadits di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa maksimal lamanya seorang musafir bermukim di suatu tempat, yang mana dia boleh meng qoshor sholat adalah 19 hari. Jika dia bermukim di tempat tersebut sudah melebihi 19 hari, maka sesuai dengan penjelasan dari Ibnu Abbas, harus menyempurnakan sholatnya.

Catatan :
1) Jika seorang musafir berniat untuk bermukim di suatu tempat melebihi 19 hari, maka sejak pertama kali dia bertempat di tempat itu, harus menyempurnakan sholatnya.
Contoh :
Joko yang berasal dari Jakarta berniat silaturrahim kepada saudaranya yang ada di Surabaya 30 hari. Maka sejak hari pertama dia tiba di tempat saudaranya, dia sudah harus menyempurnakan sholatnya dan tidak boleh meng qoshor.

2) Bagi seorang musafir yang bermukim di suatu tempat, kemudian dia sholat bersama Imam sholat setempat. Maka dia harus mengikuti sholatnya Imam tersebut. Jika Imamnya sholat dzhuhur 4 rakaat maka dia makmum terhadap Imam tersebut juga 4 rakaat, tidak boleh 2 rakaat lalu salam.


بَابٌ يُصَلِّى الْمَغْرِبَ ثَلاَثًا فِى السَّفَرِ
Babnya, seseorang sholat Maghrib 3 rakaat didalam bepergian

• وَقَالَ عَبْدُ اللهِ رَأَيْتُ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ يُؤَخِّرُ الْمَغْرِبَ فَيُصَلِّيْهَا ثَلاَثًا ثُمَّ يُسَلِّمُ ثُمَّ قَلَّمَا يَلْبَثُ حَتَّى يُقِيْمَ الْعِشَاءَ فَيُصَلِّيْهَا رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يُسَلِّمُ وَلاَ يُسَبِّحُ بَعْدَ الْعِشَاءِ حَتَّى يَقُوْمُ مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ * (رواه البخارى كتاب التقصير)

Abdulloh berkata : Aku melihat Nabi SAW ketika tergesa-gesa dalam perjalanan, Beliau mengakhirkan sholat Maghrib, maka beliau shalat pada Maghrib 3 rakaat. Kemudian beliau salam. Kemudian hanya sebentar beliau diam, sehingga sholat Isya’ diqomati. Maka Nabi sholat pada Isya’ dua rakaat, kemudian salam. Dan Nabi tidak sholat sunnah sesudah Isya’ sehingga beliau berdiri (sholat) pada tengahnya malam. (HR. Bukhori Kitabut Taqo’shir)

• عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَجْمَعُ بَيْنَ صَلاَةِ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ إِذَا كَانَ عَلَى ظَهْرِ سَيْرٍ وَيَجْمَعُ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ * (رواه البخارى كتاب التقصير)

Dari Ibni Abbas Radhiyallohu Anhumaa, dia berkata : Rasululloh SAW itu mengumpulkan antara sholat Dzhuhur dan Ashar, ketika beliau berada di tengah perjalanan. Dan beliau mengumpulkan antara Maghrib dan Isya’. (HR. Bukhori Kitabut Taqo’shir)

بَابٌ يُؤَخِّرُ الظُّهْرَ إِلَى الْعَصْرِ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيْغَ الشَّمْسُ وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ مَا زَاغَتِ الشَّمْسُ صَلَّى الظُّهْرَ ثُمَّ رَكِبَ

Bab, seseorang mengakhirkan Dzhuhur sampai Ashar, ketika dia berangkat sebelum matahari tergelincir (tengah hari). Dan ketika dia berangkat sesudah matahari tergelincir, maka dia sholat Dzhuhur, kemudian naik kendaraannya

• عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيْغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ العَصْرِ ثُمَّ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا فَاِنْ زَاغَتِ الشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى الظُّهْرَ ثُمَّ رَكِبَ * (رواه البخارى كتاب التقصير)

Dari Anas Bin Malik, dia berkata : Rasululloh SAW itu ketika berangkat sebelum matahari tergelincir, beliau mengakhirkan Dzhuhur sampai waktu Ashar. Kemudian beliau turun dan mengumpulkan (menjamak) antara keduanya. Maka jika matahari tergelincir sebelum beliau berangkat, beliau sholat Dzhuhur, kemudian berangkat. (HR. Bukhori Kitabut Taqo’shir)

Hadits-hadits di atas menjadi dasar hukum bahwa praktek menjamak sholat dalam perjalanan adalah Maghrib dijamak dengan Isya’ dan Dzhuhur dijamak dengan Ashar. Khusus untuk sholat Maghrib, jumlah rakaatnya tetap 3 rakaat, tidak diringkas.

Wallohu A’lamu Bis Showab
Jakarta, 18 Mei 09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar