Rabu, 27 Mei 2009

Doa Ketika Bertempat di Suatu Tempat yang Asing dalam Perjalanan



Ketika saya membuka kitab Sunan Abu Dawud milik saya, ternyata ada tulisan doa yang saya stabillo warna kuning, beserta nomor haditsnya. Inilah kalimat doa yang sedang saya cari, doa ketika bertempat di suatu tempat yang asing.

Keinginan saya untuk mencari doa ini dalam kitab hadits yang pernah saya pelajari muncul bukan karena saya ingin bepergian, tetapi munculnya justru dalam suatu obrolan santai saya dengan seorang ustadz. ”Kamu hafal doa kalo bertempat di bumi yang sangar ga? Di hadits Abu Dawud Juz 3”. Lalu beliau melafadzkan doa yang sepertinya asing buat saya, saya seperti sama sekali belum pernah mendengarnya.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencarinya di rumah pada malam harinya. Ternyata doa itu sudah pernah saya tandai untuk saya hafalkan dan amalkan. Itulah manusia, banyak lupanya. Astaghfirulloh!

Alhamdulillah, Alloh Yang Maha Luhur masih memberikan kesempatan bagi saya untuk mau mengkaji ulang ilmu-ilmu yang mungkin saya telah lupakan.

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا سَافَرَ فَأَقْبَلَ الَّليْلُ قَالَ : يَا أَرْضُ رَبِّى وَرَبُّكِ اللهُ . أَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شَرِّكِ وَشَرِّ مَا فِيْكِ وَشَرِّ مَا خُلِقَ فِيْكِ ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَدِبُّ عَلَيْكِ ، وَأَعُوْذُ بِاللهِ (بِكَ – بِهِ) مِنْ أَسَدٍ وَأَسْوَدٍ ، وَمِنَ الْحَيَّةِ وَالْعَقْرَبِ ، وَمِنْ سَاكِنِي (سَاكِنِ) الْبَلَدِ ، وَمِنْ وَالِدٍ وَمَا وَلَدَ * رواه أبو داود كتاب الجهاد

Dari Abdillah Bin Amr, dia berkata : Rasululloh SAW itu ketika sedang bepergian, kemudian datang waktu malam, beliau berdoa : Wahai bumi, tuhanku dan tuhanmu adalah Alloh. Aku berlindung kepada Alloh dari jelekmu, dan jeleknya apa-apa yang ada di dalammu, dan jeleknya apa-apa yang diciptakan di dalammu, dan dari jeleknya apa-apa yang merayap di atasmu, dan aku berlindung kepada Alloh (kepadamu – kepada-Nya) dari macan dan yang hitam, dan dari ular dan kalajengking, dan dari yang bertempat di negeri (penguasa yang jelek), dan dari orang tua dan apa-apa yang orang tua itu beranak (jin dan keturunannya).

HR. Abu Dawud Juz 2 Hal. 379

Tidak ada komentar:

Posting Komentar